Rabu, 17 Oktober 2012

KKG OH KKG

Mudah mudahan KKG  kegiatan kelompok Kerja  guru ini bisa  menjadi andalan untuk mengembangkan  kompetensi guru agar menjadi guru yang professional  tidak hanya merupakan slogan semata.
Itu semua  kembali kepada guru itu sendiri .
Saya  pribadi memberikan gambaran  KKG bisa berhasil apabila :
  1. Ada niat yang kuat  untuk merubah diri guru peserta KKG.
  1. Adanya Masalah  yang merupakan matari utama yang dibawa ke porum KKG.
  1. Adanya nara sumber / guru pemandu yang mennguasai materi.
  1. Adanya  motivasi atau dorongan dari pejabat yang berwewenang.


Apabila keempat factor diatas seiring dan sejalan  bisa terpenuhi secara keseluruhan Insa Alloh KKG akan merupakan tempat yang  efektif dan efisien untuk mengembangkan  guru  Khususnya jenjang Sekolah Dasar  menjadi guru yang professional

  1. Hal-hal yang menjadikan kendala  bagi  peserta KKG :
    Meninggalkan  Kelas yang menjadi tanggung Jawabnya  karena KKG biasanya dilaksanakan pada  hari efektif.
  2. Guru menganggap  KKG bukan merupakan kebutuhan , tetapi menambah beban.
  3. Narasumber / guru pemandu yang memiliki  status  dan materi  yang sama .
Anggapan sementara yang  bernuansa negative tersebut segera saja dihapus dari pemikiran  pemikiran para guru sehingga para digma lama ini  tidak menjadi penghambat .



Memanfaatkan Pengawas  Sekolah sebagai Pemandu:

Paradigma  lama  menggambarkan bahwa  Pengawas Sekolah merupakan sosok yang menakutkan  bagi guru di jenjang manapun, karena kedatangan mereka disekolah  akan mencari kesalahan dan kekurangan seorang  pendidik yang notabene merupakan dambaan sang siswa.

Keberadaan  pengawas  masa kini berbeda jauh dari apa yang kita gambarkan diatas. Karena  pengawas sekarang  sudah banyak dibekali  dengan  materi keprofesian pengawas  dengan 6 kompetensinya .

Dengan demikian  pengawas yang professional merupakan dambaan bagi guru untuk pusat  informasi  untuk mengembangkan keprofesian gurunya .

Masalah masalah yang muncul dari guru secara outomatis dia akan datang  kepada pengawas untuk bersama-sama menyelesaikan masalahnya ya yang utama masalah pembelajaran dan administrasi  pembelajarannya  maupun masalah masalah yang lain yang berkaitan dengan dunia  pendidikan .

Dengan keprofesionalannya  pengawas masa kini tepat sekali apabila pengawas menjadi nara sumber KKG  baik  BERMUTU maupun  KKG  Reguler .

Artikel Terkait

Posting Komentar